Rabu, 14 November 2012


Perangkat keras yang digunakan untuk mengakses Internet, tergantung jenis akses Intenet yang dipilih. Dalam hal ini yang dibicarakan adalah koneksi dial-up dengan menggunakan komputer. Agar kamu dapat mengakses Internet, diperlukan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Spesifikasi perangkat keras minimal yang digunakan untuk mengakses Internet adalah sebagai berikut.

1.       Prosesor Pentium (Pentium II ke Atas)
Prosesor Core i7



Bila sebuah komputer diibaratkan sebagai tubuh manusia, prosesor adalah otaknya. Fungsi prosesor adalah mengolah semua informasi yang dimasukkan pengguna komputer serta memberikan hasil sesuai dengan kehendak sang pemakai. Itu sebabnya mengapa prosesor mutlak diperlukan sebuah komputer untuk beroperasi.

2.       Memory (RAM) 64 MB dan Hardisk 2 GB
Memory RAM



Memori komputer (Random Access Memory, RAM) berfungsi menyimpan data sementara, sedangkan memori hardisk berfungsi untuk menyimpan data-data seperti pesan, file, gambar, suara, dan program aplikasi. Makin besar memori, mak makin banyak data yang bisa ditampung. Apalagi dalam mengakses Internet dibutuhkan daya tampung data yang besar. Agar kses Internet berjalan lancar disarankan menggunakan RAM minimal sebesar 64 MB.


3.       VGA Card dan Monitor VGA
VGA card




VGA Card atau kartu grafis merupakan perangkat keras yang berfungsi mengubah data dari komputer dan mentransfernya ke layar monitor. Monitor komputer berfungsi untuk menampilkan data-data/ file, program komputer, dan sebagainya dalam bentuk visual sehingga file dan program tersebut bisa dilihat. Syarat minimal VGA Card ntuk diakses Internet adalah sebesar 4 MB.

4.       Sound Card

Sound Card

Sound Card (kartu suara) diperlukan karena Internet adalah dunia multimedia. Informasi dari Internet tidak hanya teks atau gambar saja,tetapi juga video dan musik. Untuk dapat menikmati musik atau video tersebut diperlukan sound card.

5.       Modem




Modem singkatan dari modukator-demodulator (modulasi demodulasi), yaitu alat yang digunakanuntuk menghantar dan menerima data dari sebuah PC ke sebuah PC yang lain melalui jaringan telepon. Modulasi demodulasi dapat diartikan sebagai proses perubahan sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog sehingga dapat dikirim lewat telepon. Modem penerima akan mengubah sinyal analog tadi menjadi sinyal digitalkembali untuk diproses selanjutnya oleh komputer (demodulasi).
Modem terdiri dari dua jenis, yaitu modem internal dan modem eksternal. Modem internal dipasang di dalam CPU, sedangkan modem eksternal dipasang di luar CPU. Jadi, modem adalah perangkat hardware tambahan (peripheral) untuk komputer (baik jenis card/ internal, maupun eksternal).

6.       Telepon




Modem memerlukan saluran telepon untuk melakukan tugasnya. Pada dasarnya, proses saat modem terhubung dengan telepon dan saat memulai hubungan dengan Internet Service Provider (ISP) sama dengan proses menelpon. Jika ada yang menelponmu saat kamu menggunakan modem, maka dia akan menerima nada sibuk dan tidak bisa menghubungi kamu. Kecepatan modem juga sangat berpengaruh terhadap rekening telepon yang harus dibayar setiap bulan. Modem yang cepat akan lebih menghemat uang daripada modem yang lambat.     

Tidak ada komentar: