Selasa, 22 Januari 2013

MIKROFON



Karya : Taufik Ismail
Aku lihat diriku berubah
Di depan mikrofon.
Kukira aku bias jadi merak
Yang sanggup mengibarkan empat warna bulu
Kiranya aku Cuma tokek
Dengan vocal yang bikin orang kesal
Aku lihat diriku berubah di depan mikrofon.
Sering kurasakan diriku
Seperti seekor kadal yang ingin terkenal
Tapi kadang-kadang mirip burung beo
Dengan cara berdiri dan bicara
Yang senantiasa salah tingkah.
Aku lihat diriku berubah di depan mikrofon.
Di depan banyak orang aku jadi domba kampong
Yang memperindah-indah bahasa
Atau monyet genit yang lebar hidungnya
Tapi yang paling sial adalah
Ketika aku terjemahkan diriku
 Jadi babi yang lupa diri.
Di depan mikrofon
 Pada hari Senin aku jadi burung merak,
Selasa tokek, Rabu berkarung, Kamis beo,
Jumat domba, Sabtu monyek, dan Ahad babi.
Sepanjang minggu dalam diriku telah kuciptakan sebuah kebun binatang.
Aku ingin bertanya pada angin
Bagaimana cara dia menghadapi mikrofon ini

Tidak ada komentar: