Rabu, 14 November 2012

William Henry Gates III


William Henry Gates iii

William Henry Gates III atau lebih dikenal dengan nama Bill Gates dilahirkan di Seattle, Washington, pada 28 Oktober 1955. Bersama Paul Allen, Bill Gates mendirikan Microsoft. Dengan Microsoftnya Bill Gates sempat menempati posisi pertama sebagai orang terkaya di dunia selama 13 tahun (1995-2007) menurut versi majalah Forbes.
Bill Gates anak kedua dari tiga bersaudara dari keluarga terkemuka di Seattle, Washington. Ayahnya seorang pengacara dengan perusahaan yang punya banyak koneksi di kota, sedangkan ibunya seorang guru yang aktif dalam kegiatan amal. Bill Gates seorang anak yang cerdas. Namun, ia terlalu penuh semangat dan cenderung sering mendapatkan kesulitan di sekolah. Ketika Bill Gates berumur sebelas tahun, orang tuanya mengirim ia ke Lakeside School, sebuah sekolah dasar yang berfungsi khusus bagi anak laki-laki.
Di sekolah itu pada tahun 1968, Bill Gates untuk pertama kalinta diperkenalkan dengan dunia komputer, dalam bentuk mesin teletype yang dihubungkan dengan telepon ke sebuah komputer pembagian waktu. Mesin itu disebut ASR-33. Pada intinya ASR-33 adalah sebuah mesin yang selanjutnya siswa bisa memasukkan perintah yang dikirimkan kepada komputer, jawaban kembali diketikkan ke gulungan kertas pada teletype. Proses ini merepotkan, tetapi mengubah kehidupan Gates. Bill Gates dengan cepat menguasai BASIC, bahasa pemograman komputer, dan bersama dengan para hacker yang belajar sendiri di Lakeside. Ia menghabiskan waktu berjam- jam menulis program, melakukan permainan, dan secara umum mempelajari banyak hal tentang komputer.
Sekitar tahun 1975 Bill Gates bersama Paul Allen,menyiapkan program software pertama untuk mikro komputer. Seperti cerita di Popular Electronics mengenai “ era komputer di rumah-rumah” dan mereka berdua yakin softwareadalah masa depan. Inilah awal Microsoft.
Selama belajar di Harvard, Bill Gates dan Paul Allen menulis perangkat lunak Altair BASIC untuk Altair 8800 dalam dasawarsa 1970. Altair merupakan komputer pribadi pertama yang sukses. Diberi inspirasi oleh BASIC, sebuah bahasa komputer yang mudah dipelajari Microsoft BASIC, bahasa komputer terjemahan yang utama untuk sistem operasi komputer MS-DOS, menjadi kunci pada kesuksesan Microsoft. Microsoft  BASIC nantinya dijadikan Microsoft QuickBasic. Versi Microsoft QuickBasic yang dijual tanpa kompiler QuickBasic dikenal sebagai Qbasic. QuickBasic juga dijadikan Visual Basic, yang masih populer hingga masa sekarang.
Dalam awal dasawarsa 1970, Gates menulis Surat Terbuka kepada Penghobi (Open Letter to Hobbyists). Bill Gates mengejutkan komunitas yang mempunyai hobi pada komputer dengan menyatakan bahwa ada pasaran komersial untuk perangkat lunak/software. Software juga tidak layak dikopi dan digandakan tanpa izin penerbitnya, Gates kemudian mendirikan Microsoft Corporation, salah satu perusahaan paling sukses di dunia, dan memimpin arah kepada pembukaan industri software komputer.
Sumber : Wikipedia    

Tidak ada komentar: